Sukses

Penyakit Tulang Paget

25 Nov 2014, 10:10 WIB
Pria, 32 tahun.

Hallo Dokter! Saya ingin tau sebenarnya apakah penyakit paget itu?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami sekilas untuk menjelaskan mengenai penyakit tulang paget. 

Penyakit Tulang Paget atau istilah medisnya Osteitis deformans adalah suatu  penyakit tulang menahun yang sangat lazim pada orang usia tua, dengan perbandingan laki-laki dan perempuan 2:1. Jarang terjadi pada usia dibawah 55 tahun.

Penyakit ini mula-mula merusak dan menyerap, kemudian menggantikannya dengan tulang berserabut kasar lebat dalam struktur abnormal.  Kebanyakan kasus penyakit ini memburuk sangat lambat. Gejala paling lazim adalah kelainan bentuk, terutama pembengkokan tulang - tulang kaki.  

Penyakit ini biasanya mengenai 1 atau 2 tulang, paling sering mengenai tulang panjang didaerah tungkai, tulang belakang, dan tulang panggul.

Diagnosa penyakit ini dapat diketahui dengan melakukan:

  • Bone scan
  • Rontgen tulang
  • Pemeriksaan darah. Biasanya terjadi peningkatan serum alkaline fosfatase dalam darah.

Penyebab penyakit belum diketahui, namun beberapa penelitian menyatakan ada indikasi terdapat infeksi virus yang menyerang sel-sel tulang, pengobatan tak diperlukan kecuali gejala menimbulkan rasa sakit dapat diberikan obat anti peradangan NSAID. Obat-obatan sering berhasil dalam mengendalikan gangguan, terutama ketika sebelum komplikasi dimulai. Diet kaya kalsium dan vitamin D dan latihan rutin dapat menjaga kesehatan rangka tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar