Sukses

Pembengkakan Kelenjar

24 Nov 2014, 15:46 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok, saya batuk selama 2 bln & ada pembekakan kelenjar d blakang leher. hasil biopsinya adalah sinus hyperplasia di colli dextra, hasil rontgen adalah Limfadenotaphy TB. tp dokter saya menyatakan bahwa itu tidak apa2, dan hanya d beri ambroxol. pertanyaan saya, apa itu sinus hyperplasia?, apakah tindakan dokter yg saya kunjungi sudah benar?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering ditemukan adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening dapat membesar pada keadaan infeksi (bakteri atau virus), keganasan (kanker),  atau pada kondisi lain. Selain itu, benjolan pada sisi leher dapat pula disebabkan oleh pembengkakan kelenjar liur, kelenjar minyak, dan penumpukan jaringan lemak di bawah kulit (lipoma).

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, dan sebagainya yang baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksan fisis secara langsung.

Jika saat pemeriksaan, Anda dalam kondisi kurang fit karena sakit tenggorokan atau demam, maka benjolan terjadi sebagai reaksi pertahanan tubuh setempat akan infeksi yang menyerang. Jika infeksi sudah dapat disembuhkan, umumnya benjolan akan mengecil perlahan. Namun, jika benjolan menetap dapat dicurigai sebagai bentuk pertahanan tubuh dari infeksi kronik (yang lebih lama) atau penyebab lainnya.

Jika menurut Anda, benjolan tersebut menetap atau semakin membesar, maka kami sarankan untuk berkonsultasi kembali dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. Tidka ada salahnya meminta second opinion pada  dokter lain. Untuk mengetahui secara pasti penyebab benjolan, maka sebaiknya benjolan diangkat (biopsi) untuk diperiksa di bawah mikroskop guna mengetahui jenis sel-sel yang terdapat pada benjolan tersebut. Umumnya tindakan biopsi dapat dilakukan oleh dokter bedah dalam bius lokal maupun umum (tergantung lokasi). Jika diagnosis limfadenopati tegak dapat dipertimbangkan pemberian obat tuberkulosis yang ahrus diminum secara teratur, namun pemberian obat hanya dapat dilakukan oleh dokter yang telah melakukan pemeriksaan fisik langsung pada diri Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar