Sukses

Teratozoospermia. Bisakah Punya Keturunan Laki-laki?

24 Nov 2014, 14:37 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok saya sudah punya 2orang putri skrang mau program anak cowok tapi pas tes sperms yg Gerak cepat cuma 3% Dan Klasifikasinya Terato Zoospermia. Bisakah saya punya keturunan cowok? Obat/makanan apa yg mesti dikonsumsi untuk terato ini? Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada dasarnya, pria menghasilkan sperma dengan dua macam kromosom gen, yaitu XX (wanita) dan XY (pria). Hasil penelitian menunjukkan bahwa :

Kromosom XY (pria)

  • Ukuran sperma lebih kecil

  • Daya hidup lemah, tapi bergerak lebih cepat (agresif) dibandingkan dengan kromosom XX yang lebih besar

Kromosom XX (wanita)

  • Ukuran sperma lebih besar

  • Daya hidup kuat namun lebih lamban

Dengan demikian, jika Anda berhubungan intim pada saat terjadinya ovulasi (masa subur) akan memberikan peluang lebih besar mendapatkan anak kali-laki, karena sperma XY cenderung lebih cepat dan cenderung mencapai sel telur lebih dulu. Sedangkan peluang untuk menginginkan anak perempuan waktu berhubungan dilakukan 3 hari atau lebih sebelum ovulasi.

Namun yang menjadi kendala adalah hasil analisis sperma yang menunjukkan adanya Teratozoospermia, yang menunjukkan bahwa adanya gangguan infertilitas atau kesuburan akibat dari abnormallitas bentuk sperma karena bentuk sperma yang abnormal tidak dapat membuahi sel telur karena fungsinya yang tidak sempurna. Pada kondisi ini umumnya akan sulit untuk mendapatkan keturunan, baik laki-laki maupun perempuan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar