Sukses

Serba Serbi Kista

25 Nov 2014, 06:48 WIB
Wanita, 38 tahun.

Salam Kenal dokter, saya sejak usia 35 tahun sering mengalami keterlambatan haid dan pernah berkonsultasi ke bebrapa dokter tetap sama sampai saat ini saya sudah menikah. Dokter terakhir menyatakan bahwa saya di duga menderita penyakit SPOCS minta saya turuni berat badan dan harus berolah raga dan memberi saya obat provera untuk memancing haid setelah itu tes darah rutin 3 bulan cek prolaktin dengan memberi saya obat cripsa dan glucophage xr dan vitamin folamil genio supaya cepat hamil tetapi sampai sekarang haid masih telat dan belum hamil. suatu hari saya pernah browsing mengetahui bahwa cripsa itu kalau dalam proses minum terus pasti kita tak datang haid akhirnya saya coba berhenti mengkomsumsi cripsa tapi aneh hari 1-3 datangnya sedikit trus hari ke 5-14 banyak. dan bulan berikutnya agak telat seminggu datang haid tapi flek aja sedikit-sedikit tidak sampai membasahi pembalut kadang fleknya pagi atau sore sedikit saja selama 14 hari dan kadang saat BAB ada sedikit darah mens dan waktu buang air kencing ada tetapi anehnya pembalut yang saya pakai masih bersih. Dokter, bole minta informasi kenapa saya bisa mengalami keadaan ini? dan saya pernah cek terakhir CA 125(ovarium) masih normal negatif tumor saya cek prolaktin saya sudah turun dari awalnya 49,62 menjadi 1,74, berat badan saya tidak menurun karena jarang berolah raga.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Berikut kami ceritakan mengenai kista ovarium dan diagnosis Anda PCOS. Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Sedangkan kistetomi adalah pembedahan untuk mengangkat kista.

Selama ovarium masih ada maka kemungkinan hamil masih ada. Apabila sudah dilakukan penangkatan kista, tetap masih bisa muncul kista lagi. Namun Anda perlu ingat kalau nyeri perut kiri bukan hanya disebabkan oleh kista ovraium, bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gangguan saluran cerna. Kami anjurkan Anda malkukan pemeriksaan ke dokter specialis kandungan dan kebidanan. 

Berikut Gejala umum Kista :

  1. Sering marasakan nyeri di perut
  2. Ukuran perut semakin besar
  3. Susah makan atau tidak nafsu makan
  4. Sering merasa kekenyangan
  5. Sering muntah dan buang air besar
  6. Kembung terus-menerus
  7. Terjadi pendarahan pada vagina
  8. Berat badan turun secara signifikan
  9. Sering merasa lelah dan sakit kepala

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,  

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar