Sukses

Penyumbatan Saluran Susu

24 Nov 2014, 06:58 WIB
Pria, 30 tahun.

Istri saya saat ini sedang memberikan asi untuk anak saya, sudah 10 bulan, tapi hanya menggunakan s satu payudara saja, sedang payudara satu lagi asi nya tidak bisa keluar,kata dokter karena ada penyumbatan kelenjar susu, saat ini payudaranistri saya yanb teraumbat makin membesar dan merah, mohon sarannya apa yang harus dilakukan

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang proses menyusui. Demi keberhasilan menyusui, perawatan payudara sebaiknya dimulai sedini mungkin. Umumnya payudara akan terasa lebih padat, kencang dan terasa nyeri sejak usia kehamilan 6-8 minggu. Pembuluh darah bertambah dan melebar, kelenjar-kelenjar pada daerah areola juga tampak lebih menonjol.

Sumbatan saluran ASI memang sulit dibedakan dari radang payudara (mastitis). Namun mengingat saat ini anda juga merasakan nyeri pada benjolan tersebut, kemungkinan besar memang telah terjadi radang / infeksi.

Beberapa tips yang dapat anda terapkan adalah:

1. Sesuaikan ukuran pakaian dalam (BH) anda.

Umumnya diperlukan 2 nomor lebih besar dari ukuran yang biasa dipakai

2. Selama kehamilan, kebersihan payudara perlu diperhatikan, terutama daerah areola.

Hindari penggunaan sabun pada daerah areola yang akan membuatnya kering dan rentan infeksi. Kompres masing-masing areola dengan kapas yang dibasahi minyak, putar dan tarik putting ke arah luar dan dalam berulang kali. Pijat payudara ke daerah areola untuk membuka saluran susu. Bila keluar cairan, oleskan pada daerah areola, kemudian bersihkan payudara dengan handuk yang lembut.

Mengingat mastitis kebanyakan disebabkan oleh bakteri, diperlukan pengobatan dengan antibiotik, tentunya yang telah diketahui aman untuk ibu hamil. Untuk mengurangi nyerinya, dapat digunakan kompres dingin atau obat pereda nyeri, dsb. Kompres hangat baru dapat digunakan bila keluhan nyeri dan radangnya telah teratasi. Saya tidak dapat menemukan literatur yang membahas mengenai obat-obatan yang anda sebutkan. Saya sarankan sebaiknya anda mendiskusikan hal ini dengan dokter anda kembali.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar