Sukses

Penanganan Batuk Lama

24 Nov 2014, 13:56 WIB
Pria, 21 tahun.

Hi dok, Sudah 2hari ini badan saya lemas dan sering mual, sebelumnya saya pernah sakit selama satu minggu Radang tenggorokan, seminggu setelah sakit ini saya sembuh dengan mengkosumsi obat dari dokter, namun seminggu kemudian ada gejala sakit yg berbada yaitu badan lemas, mual, mata kunang-kunang, BAB tidak teratur & mencret, Urin berwarna gelap seperti bercampur dengan darah, saya rutin olahraga (Fitness) 2 minggu sekali, tidak merokok maupun minum beralkohol, namun jam tidur saya sering terganggu karena pekeerjaan dan terbawa ke hari libur disaat saya tidak bekerja, tidur saya ssangat telat, saya pernah mengalami hal serupa waktu saya kecil mengkonsumsi obat flek tapi Liver saya tidak kuat jadi saya sakit kuning, apakah ini bisa terjadi lagi dok ? atau ini gejala penyakit lain dok seperti ginjal ? solusi yg harus saya lakukan seperti apa dok ?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sejak kapan keluhan batuk dan radang tenggorokan dirasakan? Apakah Anda memiliki riwayat asma/alergi? Apakah ada gejala lain yang menyertai seperti batuk berdarah, keringat pada malam hari, nyeri dada, sesak napas? Apakah di lingkungan rumah/keluarga/kerja ada yang terkena tuberkulosis (TBC) paru? Berat badan turun berapa banyak dan dalam berapa bulan terakhir? Bagaimana dengan pola makan Anda? Sejak kapan keluhan gusi berdarah dirasakan, apakah ada perdarahan di tempat lain (mimisan, kulit mudah lebam jika terbentur, BAB hitam, kulit bintik-bintik kemerahan)?

Batuk lama (> 2 minggu) dapat disebabkan oleh bronkitis, asma, alergi atau TBC paru. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. 

Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa penyakit yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC, HIV/AIDS dll. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, laboratorium, dsb).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar