Sukses

Ketahanan Obat Sirup

25 Nov 2014, 19:16 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok .... obat utk bayi sprt paracetamol syrup... jika kemasan sudah dibuka berapa jangka waktu pling lama digunakan .. apa iya satu buln tdk bisa dipakai lgi... sxpun masa kedaluarsa yg tertera masih lama .. Terima kasih dok...........

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila obat belum dibuka, Anda dapat menyimpannya sampai mendekati tanggal kadaluarsa untuk dipakai. Namun apabila obat sudah dibuka, disarankan tidak disimpan lebih dari 2-3 bulan. Hal ini dikarenakan obat yang sudah terbuka tidaklah steril lagi. Kuman dapat dengan mudah berkembang biak apabila kita semakin lama menyimpannya, berbeda dari obat tablet yang dibungkus steril satu per satu. Jadi permasalahan disini bukanlah waktu kadaluarsa, namun kapan waktunya Anda membuka obat tersebut.

Buah yang Anda sebutkan membantu membentuk massa feses/tinja menjadi lebih padat. Pada kasus diare memang dianjurkan memakan pisang karena akan membantu menghentikan diare dengan membantu membuat massa feses. Begitu pula sebaliknya dengan anak yang mengalami konstipasi (sembelit) maka tidak disarankan memakan pisang. Mengenai susu, pada umumnya susu akan menyebabkan penarikan cairan yang membuat menjadi diare, Tapi pada beberapa kasus, susu juga dapat menyebabkan konstipasi.

Apabila anak Anda mengalami konstipasi, lebih baik mintalah ia untuk mengonsumsi banyak cairan dan lebih banyak lagi makan serat (buah pepaya, semangka, sayur hijau) untuk membantunya mengatasi konstipasi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar