Sukses

Penanganan ADHD

25 Nov 2014, 19:14 WIB
Wanita, 32 tahun.

dok anak sy laki2 usia nya 8th bagaimana cara nya menghadapi anak yg ADHD kemana sy harus bw berobat, klo terapi harus kemana sy bw krn anak sy sulit sekali tuk fokus dlm belajar dan pilih tidak sekolah drpd belajar sy takut sampai dewasa spt itu dok, mohon solusi nya dok.... trims

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klidkokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Izinkan kami menjelaskan tentang penyakit ADHD. Beberapa penelitian belum dapat menyimpulkan penyebab pasti dari ADHD. Seperti halnya dengan gangguan perkembangan lainnya (autisme), beberapa faktor yang berperan dalam timbulnya ADHD adalah faktor genetik, perkembangan otak saat kehamilan, perkembangan otak saat perinatal, Tingkat kecerdasan (IQ), terjadi disfungsi metabolism, hormonal, lingkungan fisik dan sosial sekitar, asupan gizi, dan orang-orang dilingkungan sekitar termasuk keluarga.

Faktor genetik memang memiliki peranan, namun belum tentu orang yang terkena ADHD maka anaknya akan terkena ADHD pula atau adiknya terkena ADHD. Karena ADHD disebabkan oleh banyak faktor. Hanya saja risikonya lebih besar dibandingkan dengan anak yang lahir dari keluarga yang tidak memiliki riwayat ADHD.

Beberapa teori yang sering dikemukakan adalah hubungan antara neurotransmitter dopamine dan epinephrine. Teori faktor genetik, beberapa penelitian dilakukan bahwa pada keluarga penderita, selalu disertai dengan penyakit yang sama setidaknya satu orang dalam keluarga dekat. Orang tua dan saudara penderita ADHD memiliki risiko hingga 2- 8 x terdapat gangguan ADHD.

Terori lain menyebutkan adanya gangguan disfungsi sirkuit neuron di otak yang dipengaruhi oleh berbagai gangguan neurotransmitter sebagai pengatur gerakan dan control aktifitas diri.
Beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya  ADHD.

  • Kurangnya Deteksi dini
  • Gangguan pada masa kehamilan (infeksi, genetic, keracuanan obat dan alkohol, rokok dan stress psikogenik)
  • Gangguan pada masa persalinan (premature, postmatur, hambatan persalinan, induksi, kelainan persalinan)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar