Sukses

Penanganan Suara Bindeng

25 Nov 2014, 17:59 WIB
Pria, 35 tahun.

Bagaimana mengatasi bindeng,serasa kalau minum air harus kontrol agar tidak tersedak,bindeng sering terjadi pada saat maghrib,kadang dengan mengeluarkan dahak bisa membantu hilang bindeng-nya,termasuk jenis bindeng apakah saya ini,dari ichwan,terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Suara bindeng atau sengau (rhinolalia) adalah keluarnya suara yang tak seperti biasa. Gejala tersebut biasanya muncul saat seseorang menderita flu berat.  Ternyata warna suara tak hanya dibentuk dari pita suara. Rongga di wajah, terutama di bagian mulut dan hidung, juga berpengaruh. Jika ada hal yang membuat rongga di hidung dan mulut buntu, suara yang keluar akan sengau.

Ada dua jenis bindeng. Yakni, aperta dan oklusa.

  • Bindeng oklusa terjadi akibat sumbatan benda cair (ketika pilek)  atau padat (polip, tumor, benda asing) yang menyumbat. 
  • Bindeng aperta terjadi akibat kelumpuhan anatomis atau kerusakan tulang di hidung dan mulut. Yang paling sering, itu terjadi karena stroke. Bindeng aperta juga terjadi bila ada kerusakan struktur anatomi. Misalnya, penyakit ozaena (rhinitis chronic atrophy). Penyakit itu jarang terjadi, tapi sangat bahaya. Sebab, penyakit tersebut menggerogoti struktur dalam hidung. 

Adakah gejala lain yang Anda alami seperti pilek, sinusitis, alergi hidung atau lainnya?

Untuk mengatasi bindeng tersebut tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Kepala Leher (THT-KL) dengan menggunakan alat yang lebih spesifik, terutama jika tida terdapat gejala pilek pada Anda. Anda dapat mendatangi dokter spesialis THT-KL untuk pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui penyebab suara bindeng Anda dan mendiskusikan dengan dokter pilihan yang paling tepat untuk mengatasi keluhan Anda.

Semoga keluhan kesehatan Anda ini dapat segera ditangani dengan solusi yang paling tepat.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar