Sukses

Penurunan Pendengaran

25 Nov 2014, 17:56 WIB
Pria, 16 tahun.

Sore dok, saya mau nanya, waktu saya masih bayi telinga sebelah kiri saya keluar cairan warna hijau. sebelum keluar cairan, telinga saya kemasukkan air dan sampai skrng telinga sebelah kiri saya gak bisa dengar. apakah itu gara2 kemasukkan air atau apa dok? Tetapi saat itu tidak dalam keadaan pilek dan batuk. Terima kasih

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa penyakit hanya berdasarkan informasi yang Anda sampaikan. Namun ada beberapa kemungkinan penyebab penurunan pendengaran pada diri Anda, misalkan bisa saja riwayat keluar cairan Anda saat ekcil merupakan sebuah infeksi, atau bisa juga ada gangguan pad tulang pendengaran. Namun untuk menegakkan diagnosis keluhan Anda diperlukan pemeriksaan yang teliti oleh seorang dokter.

Untuk mendiagnosa suatu penyakit dibutuhkan:

  • Wawancara lebih lanjut seperti: sudah berapa keluhan dirasakan? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? Apakah ada riwayat keluar cairan dari telinga? Apakah ada gejala lain seperti demam, nyeri pada telinga, telinga berdenging?
  • Pemeriksaan fisik secara langsung: menilai kondisi telinga luar, liang telinga, dan gendang telinga
  • Pemeriksaan penunjang (jika diperlukan): misalnya pemeriksaan audiometri, tes penala

Dan yang terakhir baru disimpulkan suatu diagnosa agar kemudian ditentukan tata laksana yang lebih komprehensif.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar