Sukses

Selangkangan Gatal dan Hitam

03 Dec 2015, 12:09 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok sy mau nanya area paha, bokong dan selangkangan itu sering gatel... Dan beka garukan itu hitam. Gimana caranya mghilangkan rasa gatal dan warna hitam bekas garukan di area tsb? Thankz

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan gatal pada daerah selangkangan biasanya disebabkan oleh jamur (kurap), atau dapat pula karena candida (sejenis jamur).

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Selangkangan Gatal dan Hitam

Infeksi jamur (kurap) atau candida mudah terjadi dalam kondisi yang lembap.

Adakah keputihan? Jika gatal telah dirasakan juga di daerah vagina maka kemungkinan besar infeksi jamur tersebut juga sudah mengenai daerah vagina.

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung.

Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi segera dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal, agar tidak terjadi perburukan keadaan yang akan semakin mengganggu Anda.

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB, kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Hiperpigmentasi tidak berbahaya. Yang diperlukan saat ini adalah menghindari faktor pencetus, menjaga kebersihan, diusahakan agar daerah selangkangan Anda tidak mudah bergesekan.

Infeksi jamur yang belum sembuh dan kronis juga dapat memberikan gambaran kehitaman, dan seringkali tidak terlalu gatal atau hanya gatal pada saat berkeringat saja.

Jika keluhan Anda merupakan infeksi jamur kronis, maka Anda memerlukan pengobatan yang sesuai untuk infeksi jamur. Jika ukurannya cukup luas, maka selain obat oles, dokter akan memberikan Anda obat minum untuk membantu penyembuhan.

Pengobatan infeksi jamur biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, dapat mencapai 2-4 minggu.

Setelah keluhan menghilang pun, Anda perlu melanjutkan pengobatan selama 2 minggu untuk mengurangi kemungkinan kambuh.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam kulit sehat,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar