Sukses

Pengaruh Minuman Bersoda Terhadap Kesehatan Reproduksi Wanita

25 Nov 2014, 10:37 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok. Sy seorang karyawati.. 26th.. haid normal 28hr. Sblm menkh sy sering minum minuman bersoda. Tp stlh menikh, sy uda g ngonsumsi minumn tersbt. Sy uda menikh 5th, tp blm d karuniai anak. Uda ke spesialis kandungan jg, ktnya semuany baik2 aj. Apakh hal ini gara2 sy dulunya sering minum minuman bersoda y dok?. Mhn bantuanya dok.. apa yg hrs sy lakukan agar bs cpt hamil..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Tidak ada pengaruh langsung minuman soda terhadap kesuburan wanita. Yang ada hanyalah dampak negatif bagi kesehatan yang dapat disebabkan sering mengkonsumsi minuman soda. Berikut ini beberapa dampak negatifnya;

  1. Mengikis email gigi. Gula dan asam pada minuman ringan dapat dengan mudah mengikis email gigi.
  2. Asma. Sodium benzoat yang ditemukan dalam soda dapat mengurangi persediaan potasium, bisa memicu urtikaria, asma, dan eksem.
  3. Penyakit hati. Banyak minuman ringan yang mengandung sirup jagung fruktosa dan diasosiasikan dengan meningkatnya risiko sindrom metabolisme, seperti diabetes dan gangguan hati.
  4. Gangguan ginjal. Cola mengandung asam fosfor tinggi yang dihubungkan dengan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.
  5. Gangguan reproduksi. Kaleng minuman ringan telah tercemar resin yang dikandungnya. Ini mirip seperti virus penyebab kanker yang membawa malapetaka bagi kelenjar endokrin, salah satunya kelenjar yang mengatur hormon reproduksi baik wanita maupun pria. Hal inilah yang disalah artikan bahwa soda mempengaruhi kesuburan, sedangkan pengaruhnya sebenarnya tidak secara langsung menurunkan kesuburan, melainkan efek kankernya.

Banyak hal yang  bisa mempengaruhi kesuburan, sehingga seroang wanita menjadi sulit hamil. Namun sulit hamil bukan hanya bersumber dari masalah wanita saja, pria pun juga bisa sebagai sumber penyebabnya. Beberapa diantaranya;

Faktor wanita:

Faktor pria:

Untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan, hendaknya tidak hanya Anda namun juga pasangan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ reproduksi ataupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah ada masalah hormon atau ketidaknormalan sperma.

Baca juga:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar