Sukses

Diagnosis Tuberkulosis

24 Nov 2014, 14:02 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat siang dokter saya mau tanya.. Apakah photo thorax dan pemeriksaan Darah/LED sudah cukup untuk mendiagnosa penyakit TB. Tanpa periksa sputum/dahak..

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mengarah, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB.

Pemeriksaan mantoux pada orang dewasa tidak seakurat untuk anak-anak karena pada umumnya orang dewasa memang sudah banyak yang terinfeksi kuman TB namun tidak aktif atau tidak bermanifestasi. Secara otomatis apabila seseorang sudah terinfeksi kuman, maka kekebalan tubuhnya akan terbentuk dan mantoux akan positif. Seperti yang kami ungkapkan di atas, penentuan diagnosis TB pada orang dewasa bukan berdasarkan mantoux namun berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen. Untuk memastikan apakah Anda benar positif TB maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dahak.

TB sendiri memang merupakan penyakit yang mudah menular melalui saluran pernapasan. Apabila memang Anda terkena TB, maka periksakanlah anak Anda. Anak-anak lebih rentan terinfeksi TB dibandingkan orang dewasa karena daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar