Sukses

Sunat Pada Anak

25 Nov 2014, 18:37 WIB
Pria, 41 tahun.

Dok saya mau tanya tentang anak saya.usia 6 th setelah melakukan sunat kok kemaluan anak saya jarang berdiri dok? Apakah masih dalam tahap normal mengingat usia? Atau ada kelaianan dengan kemaluan anak saya? Seandainya konsultasi saya harus menemui dokter apa? Terima kasih..

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Sunat / sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Hal ini selain merupakan tradisi suatu agama tertentu, juga memiliki beberapa manfaat. Dengan disunat, pada umumnya sensasi kenikmatan seksual yang dirasakan akan lebih baik. Selain itu terdapat bukti bahwa dengan disunat dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV. Selain itu, dari segi higienis, umumnya seseorang yang disunat akan memiliki higienisitas yang lebih baik. Apakah ada hubungan dengan penis anak Anda tidak berdiri tentu membutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter, namun mengingat usia anak Anda ang masih kecil, sepertinya hal ini tidak berhubungan. Teknik sunat yang tepat tidak akan menyebabkan gangguan pada penis anak Anda.

Pada umumnya tindakan sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan pada fungsi alat kelamin karena yang dibuang hanyalah bagian ujung dari kulit luar penis. Akan tetapi, seperti halnya prosedur pembedahan lain, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati juga dapat timbul kecelakaan yang dapat menimbulkan luka/perubahan bentuk seperti yang Anda alami saat ini. Tentu keluhan nyeri adalah hal yang wajar dirasakan oleh pasien yang baru disunat, namun seharusnya keluhan ini berangsur-angsur hilang dalam hitungan minggu sampai 1 bulan.

Mengenai waktu penyembuhan pasca sunat, bervariasi tergantung metode yang digunakan. Secara umum, metode laser memiliki waktu penyembuhan lebih cepat daripada metode konvensional. Secara umum penyembuhan akan memakan waktu 4-7 hari. Bukan berarti bahwa selama fase penyembuhan tidak boleh beraktivitas atau tidak boleh memakai celana. Hanya hindari aktivitas berat, sedangkan aktivitas ringan sehari-hari sudah dapat dilakukan sesudah sunat.

Jika keluhan Anda tidak membaik atau bertambah buruk, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter yang melakukan sunat pada diri Anda untuk mendapatkan pemeriksaan langsung dan penanganan yang tepat. 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klik Dokter
 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar