Sukses

Minum Susu dan Obat

24 Nov 2014, 15:36 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat pagi dokter,mau tanya apakah pasien TB paru boleh mnum susu selama terapi pengobatan.. Terimakasih atas jawaban nya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tidak ada larangan bagi penderita TB paru untuk mengkonsumsi susu, justru yang dianjurkan untuk nutrisi penderita TB adalah diet tinggi protein tinggi karbohidrat. Susu adalah salah satu yang mengandung nutrisi protein yang tinggi.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan meminum obat menggunakan air susu, karena akan menghambat absorbsi/penyerapan obat sehingga manfaat yang diharapkan menjadi tidak tercapai. Namun bila sudah terlebih dahulu meminum susu, Anda dapat menunggu hingga 2 jam setelahnya untuk meminum obat.

Selain susu ternyata ada beberapa minuman lain yang harus dihindari sebelum anda meminum obat. Tujuannya tentu saja agar obat tersebut dapat diserap secara maksimal oleh sel-sel tubuh sehingga sakit yang anda derita cepat sembuh.
 

 

 

 

  • Kopi
    Adanya kandungan kafein pada kopi bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebih. Sementara kaitannya dengan obat, kafein juga bisa meningkatkan resiko overdosis pada obat-obatan yang mengandung antibiotik.
  • Teh
    Adanya zat tanin dalam teh dapat menghambat penyebaran obat ke seluruh bagian tubuh karena zat tersebut bisa mengikat senyawa aktif dalam obat yang anda minum.
  • Alkohol
    Bagi anda yang suka menikmati makanan maupun minuman yang mengandung alkohol, hati-hati saat minum obat demam. Kandungan parasetamol pada obat tersebut bisa mengakibatkan pendarahan lambung serta kerusakan hati.
  • Jus jeruk
    Konsumsi obat bersamaan dengan jus jeruk bisa berakibat rasa panas pada perut anda. Jus jeruk uga bisa menghilangkan enzim dalam tubuh yang berfungsi melarutkan obat sehingga tidak bisa disalurkan ke sel-sel tubuh.

Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi Susu atau produk susu, setidaknya 3 kali sehari. Kalsium dalam susu sangat penting dalam membangun kesehatan tulang pasien TBC. Dan jangan lupa untuk minum obat teratur dan rutin kontrol sesuai dengan anjuran jadwal kontrol dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar