Sukses

Kanker Payudara

24 Nov 2014, 15:41 WIB
Pria, 24 tahun.

mau tanya dok,, benjolan pada panyudara wanita apakah berbahaya? saya punya tman yg mngalami hal itu sdah 3 tahun sesudah USG,skrg sdh sering nyeri dok?? 1 lg dok,dada kiri saya sring nyerin,apalagi sedang melakukan aktifitas berat,apakah ini gejala penyakit jantung?? Terimakasih dok.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini. Namun penyebab benjolan payudara banyak sekali, diantaranya sumbatan kelenjar, pertumbuhan jarungan yang tidak ganas bahkan kanker payudara. Untuk menegakkan diagnosisnya diperlukan pemeriksaan fisik yang teliti oleh dokter. Dalam kesempatan ini izinkan kami menjelaskan tentang kanker payudara.

Kanker payudara stadium awal memang memiliki keluhan utama benjolan pada payudara yang tidak terasa nyeri. Nyeri umumnya baru timbul saat tumor menjadi besar atau timbul luka. Gejala lainnya meliputi:

# erosi atau eksema pada puting susu. Kulit atau puting susu dapat tertarik ke dalam, kulit payudara mengerut dan terlihat seperti kulit jeruk, hingga timbul luka pada payudara
# keluar darah atau cairan abnormal dari puting susu
# pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, dsb

Namun perlu diketahui sebelumnya bahwa kanker payudara bukanlah satu-satunya penyebab timbul benjolan pada payudara Anda.

Pada perempuan berusia di bawah 30 tahun, benjolan tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). Tumor ini terdiri atas gabungan antara jaringan kelenjar dan fibrosa. Fibroadenoma mammae (FAM) terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena peningkatan produksi hormon estrogen. Selain FAM, masih ada penyakit fibrokistik atau dikenal sebagai mammary displasia yang seringkali dialami oleh sebagian besar perempuan.

Tindakan yang paling sederhana adalah dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)secara periodik sebagai tindakan deteksi dini kanker payudara.

Bagaimanapun, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan setiap dugaannya. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri langsung ke dokter umum atau dokter spesialis bedah untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Baik FAM ataupun kanker payudara pada umumnya memerlukan tindakan operasi untuk mengangkat massa tumornya. Sebagai alternatif untuk terapi FAM, dapat dilakukan cryotherapy, yaitu membekukan jaringan FAM dengan bantuan jarum (tanpa operasi). Perlahan jaringan yang dibekukan akan terserap dan mengecil dengan sendirinya.

Pada kanker payudara, selain operasi dapat ditambahkan kemoterapi dan terapi radiasi/radioterapi untuk meningkatkan keberhasilan terapi. Bagaimanapun, terapi yang dipilih akan disesuaikan dengan stadium kanker payudara yang dialami oleh seorang pasien.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar