Sukses

Produksi ASI

26 Nov 2014, 14:14 WIB
Pria, 27 tahun.

dewasa ini banyak ibu menyusui (anak pertama) tidak bisa mengeluarkan ASI untuk sang bayinya. Istri teman dan teman saya pun banyak yg mengalaminya. Walaupun saya belum punya istri , namun saya ingin mengetahui : 1. faktor medis apa yg bisa si IBU (anak pertama) tidak bisa mengeluarkan ASI 2. langkah apa saja yang perlu dilakukan agar peristiwa tsb tdk terjadi , baik saat mulai hamil / sesudah melahirkan ? ASI lebih baik daripada SUSU KALENG/FORMULA ! terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

ASI akan terus keluar selama diberikan stimulasi oleh bayi melalui penghisapan, dan jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Maka jika pada awal-awal masa menyusui, ASI Ibu tidak lancar maka tidak perlu khawatir karena dengan semakin sering menyusui maka produksi ASI dapat meningkat.

Agar produksi ASI tidak terganggu, Ibu sebaiknya ada dalam kondisi nyaman dan tidak stres, cukup istirahat, cukup makan dan asupan cairan dapat diperbanyak. Selain itu puting payudara Ibu dapat distimulasi dan juga bayi tetap dilatih untuk menghisap dari puting Ibu.

Peran Ayah juga penting untuk membantu mengurus bayi, memberikan dukungan dan memberikan motivasi sehingga Ibu dapat lebih nyaman dan tidak stres dalam merawat dan menyusui bayi. Jangan putus asa dalam berusaha memberikan ASI terbaik bagi sang buah hati. Jika seorang Ibu masih kesulitan dalam mengeluarkan ASI, maka ia dapat mengikuti kelas menyusui di Rumah Sakit yang menyediakan layanan tersebut.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar