Sukses

Gusi Sakit karena Scaling ?

24 Nov 2014, 22:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

Asalamualaikumk. Dokter saya mau tanya mengenai gusi merah bengkak. Saya sudah ke dokter gigi, dokter gigi menyarankan untuk bersihkan karang, nah saya bingung dok, gusi saya sakit,takutnya tambah sakit kalo dimanipulasi dg alat2. Saya dengar2 jg kalo setelah bersihkan karang, gigi jd sensitiv. Mohon saran dan penjelasannya. Trmaksih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Karang gigi yang melekat pada permukaan gigi memang harus dibersihkan karena dapat menyebabkan kerusakan atau peradangan baik pada gusi dan tulang pendukung gigi serta menyebabkan berbagai keadaan lainnya yang merugikan kesehatan baik sekitar gigi dan rongga mulut maupun tubuh. Gusi yang kemerahan dan mudah berdarah merupakan tanda radang gusi yang disebabkan oleh karena karang gigi.

Karang hanya dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik atau dengan hand instrument.  Scaler ultrasonik bekerja dengan cara vibrasi atau getaran pada ujung alat yang dapat dilepas dan disterilisasi. Bagian ujung alat tersebut juga menyemprotkan air sehingga membilas karang gigi dan menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin, karena panas yang timbul akibat gesekan ujung alat dengan gigi dapat menyebabkan trauma pada pulpa gigi. Vibrasi dari ujung scaler tidak merusak email, selama email gigi terbentuk dengan sempurna. Gigi yang ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh karena bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif.  Bagian akar gigi ini seharusnya diselubungi oleh gusi namun gusi menjadi resesi/turun akibat karang gigi yang tidak dibersihkan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar