Sukses

BAB Campur Darah Pada Anak

25 Nov 2014, 14:34 WIB
Pria, 1 tahun.

Siang dok. Anak saya demam sudah minum paracetamol 3x dan panasnya sudah berangsur turun. Dia agak pilek dua hari sebelum demam, tapi begitu demam dia diare sampai 5x sehari. Saya terus memberi cairan. Minum dan makan masih bagus. Tp saya perhatikan ada bercak darah sedikit pada fesesnya (1x). Sebetulnya, sebelumnya anak saya juga sudah diare on off selama 1 bulan. Terakhir karena ditemukan bercak darah, maka oleh dokter diberi flagyl dan nifural. Sudah sekitar minggu anak saya sembuh namun skarang ada bercak lagi. Saya jadi bingung. Apakah ada indikasi selain amuba ? Thanks dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Diare pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi susu, intoksikasi laktosa, infeksi virus ataupun bakteri dan sebab lainnya. Sudahkah Anda memperhatikan kebersihan peralatan makan yang digunakan oleh anak? Apakah orang dewasa di sekitar anak dan anak sendiri rajin mencuci tangan untuk mencegah timbulnya penyakit? Bagaimana dengan kehigienisan pengolahan air minum serta makanan yang dikonsumsi oleh anak?

BAB yang bercampur darah pada anak dapat menjadi pertanda adanya gangguan pada saluran pencernaan, baik atas maupun bawah. Selain itu, warna kemerahan pada tinja juga dapat dilatarbelakangi oleh konsumsi sayur dan buah tertentu, suplemen besi atau pewarna makanan. Kami sarankan Anda untuk kembali memeriksakan anak Anda ke Dokter, karena tanpa pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung sulit bagi kami untuk menentukan diagnosa serta tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini.

Pastikan anak menerima cairan dan elektrolit yang cukup saat diare menyerang, denga memberikan asupan cairan yang cukup serta pemberian oralit.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar