Sukses

Payudara Gatal Saat Haid

22 Nov 2014, 10:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok mau tanyak, saya wanita blum menikah. setiap saya haid kenapa ya dok area payudara saya terasa gatal, apa lagi disekitar putingnya,,, mohon infonya ya dok,,,

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kulit gatal di sekitar atau di bawah payudara bisa menyebabkan ketidaknyamanan sementara atau justru menunjukkan adanya masalah mendasar yang serius, karena itu penyebab dari payudara gatal ini cukup beragam. Sensasi gatal adalah hal yang normal dialami saat pertumbuhan payudara. Ketika kulit merenggang, biasanya akan terasa gatal. Tetapi rasa gatal pada puting payudara cenderung sering dialami seminggu menjelang hingga saat menstruasi. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan produksi hormon-hormon reproduksi.

Berikut ini adalah beberapa penyebab lain gatal di payudara, yaitu;

1. Pemakaian bra yang salah, bra seharusnya digunakan untuk melindungi payudara. Tapi jika bra digunakan dengan tidak tepat seperti terlalu ketat, tidak mencuci dengan bersih serta bahan dari bra tidak cocok dengan kulit bisa memicu gatal. Memakai bra dengan ukuran yang tidak pas bisa merangsang rasa gatal di kulit.

2. Stres, seperti diketahui stres bisa meningkatkan rasa gatal termasuk di payudara yang memicu orang untuk menggaruknya sehingga menyebabkan mudahnya terkena infeksi terlebih stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

3. Alergi atau iritasi pada kulit yang melapisi payudara, seperti dari paparan bahan kimia, residu dari deterjen yang bisa mengaktifkan sistem kkebalan tubuh, kosmetik yang biasanya menyebabkan kemerahan, gatal dan ruam.

4. Infeksi, gatal yang muncul biasanya disebabkan oleh infeksi payudara yang disebut mastitis dan sangat sering terjadi pada perempuan yang sedang menyusui. Hal ini karena saat menyusui sebabkan kulit di sekitar puting kering sehingga memungkinkan bakteri dan virus masuk ke dalam payudara dan infeksi. Infeksi lain yang bisa menyebabkan payudara gatal seperti infeksi jamur, eksim, cacar serta kudis.

5. Kanker payudara, gatal ini mungkin juga menunjukkan bentuk tertentu dari kanker payudara yaitu inflammatory breast cancer yang bisa menyebabkan infeksi seperti gejala gatal-gatal. Umumnya payudara membesar, merah, bengkak, sakit, kulit bersisik dan gatal.

Jika rasa gatal yang Anda rasakan terasa sangat mengganggu, Kami sarankan Anda untuk meemriksakan diri ke dokter terdekat untuk dicari penyebabnya dan solusi yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar