Sukses

Mudah Mengantuk di Kantor

22 Nov 2014, 09:39 WIB
Wanita, 40 tahun.

Dok knp ya klo dtmpt krja saya mudah ngantuk?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengantuk adalah salah satu panggilan alarm alamiah tubuh ketika tubuh meminta haknya untuk beristirahat. Namun akan menjadi masalah jika terlalu sering mengantuk atau mengantuk disaat jam kerja.Mudah mengantuk, dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kurang tidur, kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), faktor stress seperti karena pekerjaan yang menumpuk membuat sering bergadang atau sulit tidur juga akan menyebabkan anda mengantuk dikeesokan harinya.

Bagaimana dengan pola tidur Anda? Apakah istirahat Anda cukup? Bagaimana dengan pola makan dan pola aktivitas serta kebiasaan berolahraga Anda?

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja;

  1. Jalan-jalan ke luar
    Bekerja di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda cepat merasa ngantuk. Untuk itu, anda bisa berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan Anda menjadi lebih segar.
  2. Berolahraga Ringan
    Walaupun anda sedang berada dilingkungan kantor, sebenarnya anda tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di tangga kantor Anda. Lakukan sampai Anda berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi
  3. Olah otak / Paksa otak anda bekerja
    Jika anda selalu merasa cepat ngantuk saat bekerja, mungkin itu terjadi karena otak anda dalam keadaan yang terlalu rilek. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengolah otak Anda. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain. Sehingga otak Anda akan dipaksa bekerja dan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat
  4. Dinginkan kepala Anda
    Selain ketiga tips diatas anda juga dapat meminum air dingin/air es. Cara lainnya, cobalah letakan potongan es di pergelangan tangan, dahi atau dipundak Anda.
  5. Makanan Kecil/cemilan
    Anda juga bisa menjaga kondisi tubuh anda agar tidak cepat ngantuk dengan ngemil. Tapi ingat hindari makanan berat atau cemilan yang rasanya terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak pedas juga bisa bikin Anda tetap terjaga atau bisa juga makan buah-buahan yang rasanya super asem.
  6. Pompa adrenalin
    Tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, hal ini acap kali juga bisa membuat mata tetap terjaga. 
  7. Cobalah Ganti posisi tubuh Anda
    Saat bekerja sering kali posisi duduk Anda kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda bisa berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar cuci muka.
  8. Gunakan Wangi-wangian
    Anda juga bisa mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jika anda ngantuk anda bisa menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan anda atau di awah hidung anda Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya.
  9. Menari
    Jika ngantuknya gak mau ilang juga, anda bisa melakukan hal konyol ini. Pakai headphone, dengarkan lagu favorit Anda dan menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakan Anda, tapi rasa malu itu justru akan membantu mata Anda melek lagi.
  10. Bercanda
    Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh Anda bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika Anda tak bisa bercanda, buka situs yang berisi tontonan video lucu dan tertawalah.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar