Sukses

Stroke Ringan

26 Nov 2014, 10:33 WIB
Pria, 50 tahun.

Permisi dok, saya telah divonis dokter terkena stroke ringan dgn ada sedikit penyumbatan di otak, saya mau tanya apakah saya bisa sembuh total? Makanan apa yg dpt membantu pemulihan? Dgn kondisi saya terkadang lumpuh dan saya tdk merokok, maupun alkohol, tek. 110/70, tdk DM,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

  1. Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Penyebab Pecahnya pembuluh darah otak biasanya karena ada trauma aatau hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisma pada area malformasi pembuluh darah otak.
  2. Stroke iskemik. Adalah tanda klinis gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen dijaringan otak. Penyebab dapat oleh sumbatan lemak, bekuan darah, atau berkurangnya seluruh aliran darah ke tubuh akibat gangguan denyut jantung.

Besar kemungkinan bahwa Anda menderita stroke iskemik, dimana sumbatan di pembuluh darah otak tersebutlah yang membuat Anda terkadang lumpuh. Rangkaian terapi diberikan untuk menghilangkan sumbatan, sehingga bagian otak yang terkena dapat hilang dan Anda terbebas dari segala kelumpuhan. Harapan kesembuhan total sangat bergantung pada derajat keparahan dari sumbatan tersebut.

Segera lakukan perubahan pola hidup ke arah lebih baik dengan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang, olahraga teratur 2-3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit dan rutin kontrol ke dokter.

Semoga Anda cepat sembuh.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar