Sukses

Ruangan untuk Tumbuh Gigi Tak Cukup

25 Nov 2014, 14:57 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dokter, anak perempuan kami umur 10 tahun, 2 gigi dibelakang gigi taring bawah yg harusnya bisa untuk 2 gigi ternyata pd anak saya hanya bisa satu gigi Yang gigi satunya sudah tidak ada ruang, Pertanyaan saya dok, tindakan apa yg harus kami lakukan agar gigi anak saya tumbuh sempurna? apakah harus di pasang kawat gigi?, mohon sarannya, terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gigi anak Anda. Gigi yang tumbuh dibelakang gigi taring tetap adalah dua gigi pemolar yaitu premolar 1 pada usia 10-12 dan gigi permolar dua pada usia 11-12 . Apakah keadaan ini terjadi pada kedua sisi (bilateral) atau hanya pada satu sisi saja (unilateral ) ?. Tidak adanya tempat pada gigi tetap yang tumbuh ini dapat disebabkan oleh karena terjadinya prematur lost atau kehilangan gigi susu yang lebih awal dari waktu yang seharusnya.

Dalam hal ini cukup sulit bagi saya untuk menentukan perawatan yang terbaik bagi keadaan gigi anak Anda karena seharusnya dilakukan pemeriksaan secara langsung dan dapat pula dibutuhkan pemeriksaan pendukung lainnya berupa pemeriksaan x-ray guna mengetahui benih gigi yang masih tertanam didalam tulang.  Anda dapat memeriksakan anak Anda ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar