Sukses

Waktu Pemulihan Tulang Patah

23 Nov 2014, 14:39 WIB
Pria, 26 tahun.

Dokter yg baik sya mau crta dlu sya bru mnjlani opersi revisi pth tlang paha sudah 1 th..kmdian rvsi di kustti solo oleh dr.Tundjung dksh bone graft ktne utk mnymprnkn pnymbgn tlang sya krn separo nymbng spronya ada dging yg nyelip stlh oprsi aku dsruh lgsung sholat sprti nrmlny org dok..dan bsa walau blm smprna n skrg sdh bsa nekuk full lg..trs skrg msh pke 2 kruk kpn ya dok sya kr2 bs smbh n mlps kruk ini ya dok? Mksh jwbnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Lama penyembuhan tulang patah paska operasi biasanya memakan waktu 6-12 bulan. Namun secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi, bergantung pada jenis patah tulang (terbuka atau tertutup), pola kepatahan, lokasi, derajat kerusakan dan pendarahannya.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, serta mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak, dimana kandungan gizi ini tidak hanya terdapat pada ikan gabus saja, namun juga sumber nutrisi yang lain. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. Sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihannya, Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar