Sukses

Telinga Berair dan Gangguan Pendengaran

22 Nov 2014, 18:17 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamu'alaykum..dok sy punya keluhan pada telinga. telinga sy sering berair, sakit dan dan pendengaran kurang maksimal. klo udh mkan telur atau udang pasti telinga sy gatal dan berair lg. kira2 telinga sy knp ya dok, sy ingin minta saran dan obat yg bisa mengatasi keluhan sy. Wassalam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KliKDokter.

Sudah berapa lamakah keluhan ini Anda rasakan?

Mohon maaf, kami tidak dapat memastikan apa yang terjadi pada Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, khususnya pada telinga Anda. Dalam dunia medis ada yang disebut sebagai OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani (berlubang) dan sekret/cairan yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. Jika dibiarkan memang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah/berlubang, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Telinga - Hidung - Tenggorokkan agar diagnosa dapat ditegakkan dan diterapi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar