Sukses

Nyeri Kepala dan Rambut Rontok

23 Feb 2016, 12:47 WIB
Wanita, 18 tahun.

Sering pusing seperti terikat, berat sekali, sakit sekali kepala bagian belakang, rambut bnyak yg rontok, hanya pusing biasa atau ada sakit lain dengan tanda seperti itu?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Nyeri Kepala dan Rambut Rontok

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migrain, tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dan lain-lain.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh Tension Type Headache (TTH).  Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Untuk memastikan diagnosa keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi ke Dokter Spesialis Saraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI bila diperlukan.

Kerontokan rambut banyak penyebabnya, seperti pengaruh genetik atau penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari.

Segera konsultasikan diri Anda ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin bila kerontokan terus berlanjut hingga membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. 

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut seperti: 

  • Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
  • Hindari stres
  • Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
  • Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
  • Cukup istirahat
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
  • Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut.­

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar