Sukses

Ternyata, Nasi Putih dapat Memicu Diabetes

22 Nov 2014, 15:30 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya mau bertanya... jika sering makan malam alias makan dengan nasi apa benar bisa berdampak terkena diabetes atau sakit gula? terima kasih dok...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa semua makanan yang mengandung karbohidrat dapat memicu timbulnya diabetes. Satu mangkuk kecil nasi putih pada umumnya mengandung 53 gram karbohidrat, sementara satu potong roti hanyalah mengandung 15 gram karbohidrat. Artinya, kandungan karbohidrat pada satu mangkuk nasi hampir sama dengan 3,5 potong roti.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membandingkan indeks glikemik dari masing-masing sumber makanan.  Bahan pangan yang memiliki indeks glikemik di atas 70 dapat meningkatkan gula darah dalam waktu yang singkat, yang tentunya dapat merusak pembuluh darah, saraf, serta berperan aktif untuk memicu terjadinya gangguan jantung, ginjal, kebutaan dan strok. Bahan pangan dengan indeks glimekik sedang hingga rendah (dibawah angka 69, bahkan dibawah angka 55), merupakan pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Nasi putih sendiri memiliki indeks glikemik antara 72-83, sementara nasik merah berada di angka 48-62.

Bila Anda merupakan penikmat nasi putih dan ingin terhindar dari diabetes, pilihlah nasi putih jenis basmati atau moolgiri dengan indeks glikemik 53-54. Cara lain ialah dengan mengkonsumsi nasi putih yang telah didinginkan dalam lemari es selama 16-20 jam sebelum mengkonsumsiya. Proses pendinginan dapat menurunkan indeks glikemik hingga mencapai angka di bawah 55.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar