Sukses

Siklus Haid Singkat

10 Feb 2015, 00:56 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya baru aja nikah dan lg program ank. Tgl 5 nov sya haid. Tgl 9 udah slsai. Eh knpa bs tgl 16 bs haid lg mlah bnyk klwrnya. Sblumnya tgl 12 sya brhubgn bdan n pagi nya minum jamu beras kencur. Mksih dok infonya.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kehawatiran yang Anda rasakan. Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari, keluarnya darah haid berkisar 20-60 ml per hari. Suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenorea. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium. 

Penyebab timbulnya menstruasi yang lebih sering ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran pada wanita yang mengalaminya. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering.

Bagaimanakah dengan siklus Haid Anda? apakah sebelumnya siklus menstruasi Anda selalu teratur?

Siklus haid diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya, sehingga tidak masalah jika tanggal mulai haid Anda tidak pernah pada tanggal yang sama. Yang terpenting, siklus haid tersebut masih dalam kisaran normal.

Beberapa faktor yang dapat berperan pada gangguan siklus menstruasi, yaitu pola makan yang tidak teratur, stress, aktivitas berlebihan, atau obeistas (kelebihan berat badan). Hal-hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada keseimbangan hormonal Anda yang kemudian menyebabkan durasi menstruasi Anda memendek. Coba analisa kembali kegiatan Anda satu tahun terakhir, dan hilangkan perasaan tertekan dan stress yang Anda rasakan, dan mungkin mengatur makanan serta olahraga teratur. 

Apabila setelah melakukan modifikasi gaya hidup Anda masih mengalami keluhan, maka ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar