Sukses

Gigi Depan Bayi Rusak

25 Nov 2014, 15:14 WIB
Pria, 34 tahun.

dok saya mau tanya. anak saya baru berusia 18 bulan dan giginya sudah tumbuh semua. namun gigi anak saya sudah rusak terutama pada bagian depan. selama ini anak saya tidak menggunakan dot/hanya minum asi dan air putih. selain itu tidak pernah saya kasih makanan dengan bumbu yang banyak, hanya makan jus sayuran, tempe dan jus buah. tapi kenapa giginya cepat sekali rusak. mohon saran dan kira-kira apa penyebabnya.terima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang anak Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Kerusakan pada gigi bayi yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Bila Anda tidak menggunakan botol dot dalam memberikan minum pada anak sudah cukup baik namun bagaimana dengan kebersihan giginya? apakah disikat atau dibersihkan? bagaimana dengan pola makanannya, apakah anak Anda sudah mulai makan makanan/ngemil atau minum minuman manis dengan kadar gula yang tinggi ? dan bagaimana dengan cara pemberian ASI nya?.

Perlu Anda ketahui bahwa pemberian ASI yang tidak benar juga beresiko terhadap kesehatan gigi anak. Sebaiknya selalu jaga kebersihan gigi anak dengan membersihkannya dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Jangan biarkan anak Anda tertidur dalam keadaan gigi dan rongga mulut yang tidak bersih.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar