Sukses

Khitan Pada Perempuan

10 Feb 2015, 14:53 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok sy mau tanya bgmn pandangan medis ttg khitan seorang wanita? dan bisakah seorang wanita berusia 5 thn d khitan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sirkumsisi atau khitan atau sunat lazim dilakukan pada kaum pria, tindakan memotong sebagian dari kulit yang membungkus kepala penis ini memiliki tujuan yang baik, yaitu agar penis tidak menjadi tempat yang kondusif untuk pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, virus, maupun jamur. (Baca: 5 Tanda Kelainan Penis)

Setiap pria dianjurkan untuk disunat, namun kemudiaan ajaran agama tertentu juga menganjurkan bagi para wanita untuk disunat, bagaimana sudut pandang medis terhadap hal ini?

Berbeda dengan pria, tindakan sunat yang dilakukan pada wanita jauh lebih berisiko, mengapa demikian? Sunat pada wanita dilakukan dengan membuat potongan atau goresan kecil pada klitoris, yang mana seperti kita ketahui klitoris memiliki kedudukan yang sama seperti penis pada pria.

Klitoris ini adalah alat orgasme bagi wanita. Yang amat disayangkan, tidak semua orang yang melakukan prosedur sunat pada wanita ini terampil dalam melakukan tugasnya, sehingga tidak jarang terjadi perdarahan hebat pada klitoris yang berujung pada rusaknya klitoris.

Klitoris yang rusak ini tentu tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, alias si wanita tidak lagi dapat merasakan orgasme, tentunya ini adalah bencana bagi si wanita. Jika memang ingin dilakukan sunat pada dirinya, hendaknya dipilih tenaga yang terampil dalam melakukan prosedur ini.  

Tidak ada ketentuan mengenai usia berapa anak dapat dikhitan, yang penting adalah sebelum akhil baligh. Kami sarankan Anda mengonsultasikan hal ini ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar