Sukses

Sinusitis dan Polip

05 Feb 2015, 23:10 WIB
Pria, 14 tahun.

Gimana atasi penyakit sinositis dan polid secara medis dan non medis dan pengecekanya berapa kali setahun untuk mengetahui masih ada tidak penyakitnya

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

  • Kurangnya oksigen

  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Kelainan polip pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis. Pengobatan untuk mengatasi polip hidung dapat berupa terapi obat-obatan dan operasi. Terapi obat-obatan ditujukan untuk polip yang masih kecil, yaitu dengan pemberian golongan kortikosteroid sistemik yang diberikan dalam jangka waktu singkat, dapat juga diberikan kortikosteroid hidung atau kombinasi keduanya.

Tindakan lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan polip secara permanen adalah tindakan pengangkatan polip yang disebut dengan snare polypectomy dan anestesi lokal. Untuk polip yang besar dan menyebabkan melanin pada hidung, memerlukan jenis operasi yang lebih besar dan anestesi umum.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis dan polip Anda agar mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah murni karena alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar