Sukses

Perbedaan Rematik Dan Asam Urat

10 Feb 2015, 22:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

dear dokter apa gejala dan perbedaan rematik dan asam urat ?? serta benarkah penderita asam urat tidak boleh makan sayur bayam & sejenisnya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Asam urat atau kami menyebutnya dengan Gout Artritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi. Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan.

Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah. Gout atau orang awam bilang 'asam urat' adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis). Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gout tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikendalikan. Gejala-gejala dalam 24 jam biasanya akan hilang setelah mulai pengobatan.  Gout secara umum diobati dengan obat anti inflamasi. Yang termasuk didalamnya adalah:

  • NSAIDs, seperti ibuprofen atau naproxen, secara umum diberikan untuk mengobati serangan berat dan mendadak, obat ini bisasanya menurunkan peradangan dan nyeri dalam beberapa jam

  • Kortikosteroid, dapat diberikan pada orang yang tidak dapat menggunakan NSAIDs

  • Steroid bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat di suntik (injeksi) langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil

  • Colchicine sering juga digunakan untuk mengobati peradangan pada penyakit gout

  • Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat. Obat ini bekerja pada metabolisme asam urat dengan mencegah perubahan zat purine dalam makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak dianjurkan untuk orang dengan fungsi ginjal yang kurang, selain itu dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan kerusakan hati.

Penyakit gout tidak mudah didiagnosis hanya dengan pemeriksaan darah, karena kebanyakan orang yang mempunyai kadar asam urat yang tinggi tidak terkena penyakit gout. Pemeriksaan tambahan yang paling bisa diandalkan untuk penyakit gout adalah menemukan kristal asam urat di dalam cairan sendi dengan cara aspirasi cairan sendi (arthrocentesis).

Arthrocentesis merupakan prosedur umum yang dilakukan dengan  anestesi lokal.  Dengan menggunakan teknik yang steril, cairan diambil dari sendi yang meradang  menggunakan suntikan dan jarum. Selain itu gout juga dapat di diagnosis dengan menemukan kristal asam urat dari benjolan tophi.

Untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai diet asam urat, kami sertakan artikel-artikel berikut:

Asam Urat, Inilah Dietnya

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

Berdamai dengan Asam Urat

 

Sedangkan rematik atau Artritis Reumatoid (AR), adalah salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.

Berikut adalah gejala AR yang sering ditemui :

  • Nyeri sendi

  • Pembengkakan sendi

  • Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan

  • Tangan kemerahan

  • Lemas

  • Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit

  • Demam

  • Berat badan turun

AR dapat mengenai satu atau lebih sendi dalam tubuh dalam kurun waktu yang sama. Pada tahap awal, biasanya AR menerpa sendi-sendi kecil seperti tangan, pergelangan tangan, kaki dan atau pergelangan kaki. Pada tahap lanjutan, AR akan mengenai sendi yang lebih besar seperti bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher. Berikut terdapat artikel yang dapat kami berikan untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar