Sukses

Penggunaan Asam Asetilsalisilat Dalam Kehamilan

05 Mar 2015, 12:55 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dokter, sy hamil 8 minggu ketika kontrol tgl 3november. Dan sy diberi resep trombo aspilet untuk diminum 2x sehari. Tp karena sy ragu sy meminumnya sehari sekali sambil cari info ttg obat itu. Tyt obat itu teratogenik dok. Amankah sy mengonsumsinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertama kami ucapkan selamat atas kehamilan anda.

Ketika kontrol, hasil pemeriksaan apa yang dikatakan dokter sehingga menjadi indikasi anda diberikan obat tersebut? Keluhan apakah yang Anda rasakan?

Obat yang Anda sebutkan berisikan zat asam asetilsalisilat yang diberikan dengan tujuan mencegah kekentalan darah. Obat ini tidak dianjurkan pada kondisi pasien yang Sensitif terhadap aspirin, Asma, ulkus petikum , perdarahan subkutan, hemofilia, trombositopenia atau dalam Terapi antikoagulan lainnya. Dan diperlukan perhatian khusus pada pengguna dengan Gangguan hati & ginjal, Kehamilan, laktasi, Dehidrasi,Anak < 12 thn.

Obat ini termasuk dalam Kategori C, yaitu  Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Untuk itu sebelum memutuskan untuk tidak mengkonsumsi obat tersebut, kami anjurkan anda terlebih dahulu berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda. Tentu saja dokter anda memiliki pertimbangan tersendiri sebelum menganjurkan terapi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar