Sukses

Tiba-tiba Dada Nyeri Sekali dan Ingin Berat Badan Ideal

11 Feb 2015, 14:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

dari semenjak saya masih sekolah dan badan saya tergolong kurus, saya mengalami nyeri pada bagian dada. rasanya seperti tulang saya dipukul palu sampai tidak bisa bernafas dan ganti posisi karna sakit sekali.. nah itu hanya terjadi kalau saya kedinginan atau keluar malam dan kata ibu saya katanya saya terkena masuk angin.. tapi belakangan ini sakit itu terus muncul dan seperti barusan ini padahal panas terik, saya menggunakan jaket dan jalan kaki setelah makan siang tapi tiba-tiba dada saya nyeri sekali.. oh iya terkadang saya juga tidak bisa bernafas lega, seperti nafas terasa pendek dan seperti di hidung saya ada yg menyumbat.. saya kenapa ya dok? apa terlalu kelelahan kah? oh iya berat badan saya saat ini 67 kg dan tinggi 161 cm

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan  apabila nyeri dada anda merupakan gejala penyakit yang serius, seperti penyakit jantung atau penyakit dalam lainnya.

Gejala yang timbul akibat penyakit jantung bisa bervariasi, bergantung pada jenis penyakitnya. Nyeri dada memang merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang umum ditemui. Namun sebelum menjawab pertanyaan anda, saya ingin melakukan konfirmasi. Nyeri dada seperti apa yang anda rasakan?

  • Gambaran nyeri dada? (seperti ditusuk / ditekan / terbakar / dsb)
  • Berapa lama anda mengalaminya? Apakah mencapai 20 menit?
  • Lokasi nyerinya?
  • Apakah nyerinya menjalar?
  • Saat-saat tertentu timbul gejala?
  • Kondisi yang memerberat ataupun meringankan nyeri dada anda?
  • Bagaimana nyeri dada anda menghilang? (dengan dipijat / istirahat)
  • Apakah disertai keluhan lain seperti berdebar, cepat letih, sesak napas, muntah, dsb?

Sayang sekali informasi yang diberikan masih terbatas. Karena nyeri dada yang anda rasakan bisa saja berasal dari jantung atau organ selain jantung (seperti paru, perut, otot, dsb). Namun mengingat usia anda yang terbilang masih sangat muda, sangat besar kemungkinan bahwa nyeri dada yang anda rasakan timbul akibat ketegangan otot, yang umumnya akan menghilang setelah dipijat.

Mengenai berat badan Anda, idealnya berat badan Anda saat ini adalah 49.41kg - 60.39, maka Anda dapat tergolong gemuk.

Salah satu cara mengetahui berat badan ideal Anda adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Untuk lebih mudahnya gunakan kalkulator BMI atau pun Kalkulator kalori dari klikdokter, agar mengetahui dengan pasti kondisi tubuh Anda.

Untuk mencapai berat badan ideal, Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika dilakukan secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada bentuk tubuh. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar