Sukses

Pusing Berputar

28 Nov 2014, 16:58 WIB
Pria, 18 tahun.

Misi dok saya mau tanya nih, pacar saya berumur 18 tahun, dia mengalami pusing terus perutnya terasa seperti dikocok dan merasa mau muntah tapi tidak muntah dia juga memiliki penyakit Maag. Itu kenapa ya Dok? dan apa penyebabnya Dok? Dia bekerja di ruangan ber AC yang cukup dingin Dok. Terima kasih sebelumnya Dok. GBU

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda saat ini. Terdapat beberapa kemungkinan diagnosis dari pusing berputar dan diperlukan pemeriksaan langsung untuk menegakkan sebuah diagnosis. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, salah satu kemungkinan penyebab pusing berputar adalah Vertigo. Vertigodidefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf/neurologi? Kami menyarankan Anda konsultasi kembali ke dokter neurologi atau THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Vertigo

Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh. 

Salam Sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar