Sukses

Sakit Liver dan Sesak Nafas

05 Mar 2015, 13:21 WIB
Pria, 33 tahun.

dok saya penderita liver dengan sgot sgpt tinggi. yang saya rasakan lemes badan dan kadang susah bernafas nyesek bukan sesak dan nyesaknya kata dokter akibat asma. yang saya tanyakan apakah sakit liver badan terasa sakit dan nyesek denyut jantung saya kata dokter 60 perdetik kadang juga tidak beraturan kadang berasa berhenti. mohon jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sesak Nafas adalah Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Untuk menentukan penyebab mana yang menjadi alasan keluhan Anda, dibutuhkan informasi lebih lanjut lewat wawancara medis, pemeriksaan fisik maupun penunjang. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang merawat Anda.

Mengenai detak jantung, dalam keadaan normal manusia memang tidak bisa merasakan detak jantungnya secara langsung. Anda dapat menghitung detak jantung dengan meraba pada dada bagian kiri atau pada nadi pergelangan tangan Anda. Pada kondisi tertentu, detak jantung dapat terasa kencang, misalnya setelah beraktivitas berat seperti olahraga, terkejut, panik, atau saat merasakan nyeri hebat. Detak jantung yang normal pada orang dewasa berkisar antara 60-100 kali permenit, jadi detak jantung anda masiih dalam batas normal.

Sedangkan Sakit liver merupakan istilah awam yang menyatakan terdapatnya gangguan di hati. Gangguan di hati dapat berupa hepatitis, hepatoma (kanker hati), gangguan hati karena kolesterol, gangguan hati karena alkohol, sirosis hepatis, dan banyak lagi. Perlu dipastikan lagi kepada dokter yang merawat anda mengenai apakah penyebab penyakit liver tersebut.

Yang paling banyak diderita saat ini adalah hepatitis. Hepatitis adalah penyakit gangguan fungsi hati yang disebabkan karena virus Hepatitis. Virus Hepatitis yang paling banyak menyerang manusia adalah virus Hepatitis A, virus Hepatitis B, dan virus Hepatitis C. Jenis pengobatan yang akan dilakukan bergantung kepada jenis hepatitis yang diderita. 

Liver atau hati adalah organ tubuh yang penting untuk menetralisir racun dari makanan atau minuman. Oleh karena itu, pada gangguan fungsi hati, hindarilah makanan yang tidak alami atau banyak mengandung bahan pengawet atau pewarna. Makanan lain yang perlu dihindari adalah makanan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti makanan yang berlemak. Hindari juga konsumsi obat selain dari dokter, seperti jamu-jamuan, obat herbal, obat warung, dan lain-lain. Seiring dengan perjalanan penyakit Anda dan pengobatan yang rutin dijalanin dan banyak istirahat, gejala kulit dan mata kuning akan menghilang dengan sendirinya. 

Apabila Anda telah didiagnosa mengalami gangguan hati (liver), maka kami sarankan agar menjalani pengobatan yang dokter Anda berikan dengan baik dan teratur. Komunikasikanlah kepada dokter mengenai segala hal yang dirasakan. Dengan kerjasama yang baik diharapkan mendapatkan hasil yang optimal. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hepatitis pada Indeks Penyakit kami subbagian Penyakit Dalam.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel terkait untuk menambah informasi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar