Sukses

Obat Untuk Glaukoma

21 Nov 2014, 17:32 WIB
Pria, 60 tahun.

Saya terkena glaukoma. Kira2 obat tetes yg bisa saya pakai apa ya dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Glaukoma dapat diterapi sehingga tidak terjadi perburukan. Obat -obatan dapat digunakan untuk mencegah peningkatan tekanan intraokular dan mencegah perburukan kondisi glaukoma. Disamping itu, kontrol secara teratur ke dokter juga perlu dilakukan untuk menilai keefektifan pengobatan tersebut dan mengatasi efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat-obatan tersebut.Apabila pengobatan konvensional  tidak berhasil maka dapat beralih ke pengobatan dengan sinar laser atau operasi (pembuatan saluran pembuangan cairan mata atau mematikan produsen cairan mata). Tindakan operasi antara lain iridektomi perifer, iridotomi, operasi filtrasi, trabekulektomi, dan trabekuloplasti .

Penyebab dari meningkatnya tekanan bola mata adalah karena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga berdampak pada kerusakan syaraf yang terdapat di retina.

Glaukoma umumnya terjadi karena adanya hambatan pada aliran keluar cairan bola mata (aqueous humour).Aqueous humour terus diproduksi oleh badan siliar mata. Jika aliran keluar Aqueous humour  terganggu karena beberapa sebab maka cairan tersebut akan meningkatkan tekanan bola mata. Peningkatan tekanan bola mata untuk waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada saraf mata dan penyempitan lapang pandang sehingga terjadilah glaukoma. Jika kerusakan tersebut terus terjadi, maka terjadilah kebutaan. 

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar