Sukses

pemeriksaa Saluran Telur

05 Mar 2015, 14:17 WIB
Wanita, 36 tahun.

met pagi dok....sy uda 12th menikah blom dikarunia anak..sy uda berobat ke RS swasta..dok menyarankan sy utk diperiksa saluran telur...pemeriksaa saluran telur itu jenis perawatan apa & berapa biaya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Untuk mendeteksi adanya sumbatan pada saluran telur dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan melakukan Hysterosalpingogram (HSG) atau dengan hidrotubasi. HSG merupakan prosedur Rontgen dengan memasukkan zat kontras melalui alat khusus (kateter) ke dalam rongga rahim dan saluran telur kemudian di-foto (rontgen) untuk melihat aliran zat kontras tersebut, sehingga bisa diketahui adanya sumbatan dan letak sumbatan. Sedangkan hidrotubasi prosedurnya sama seperti HSG tapi tidak memakai zat kontras, hanya cairan fisiologik dan tanpa difoto sehingga akurasi diagnostiknya rendah. Karena itu, prosedur hidrotubasi ini sekarang sudah tidak dilakukan.

Pemeriksaan HSG sebaiknya dilakukan setelah selesai menstruasinya, yaitu pada hari ke-9, 10 atau 11 dalam siklus haid (dihitung sejak hari pertama mendapat haid).

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bagian kebidanan dan kandungan mengenai pemeriksaan ini. Mengenai biaya yang harus dikeluarkan, akan berbeda pada setiap rumah sakit. Anda dapat menanyakan biaya kepada bagian administrasi rumah sakit yang Anda kunjungi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar