Sukses

Gatal di Seluruh Tubuh, Apakah Karena Diabetes?

28 Nov 2014, 12:01 WIB
Pria, 59 tahun.

dok bpk sy baru keluar dari RS dg diagnosa diabetes dan hepatitis tetapi sejak dirawat hingga sekarang beliau mengalami gatal-gatal di sekujur tubuhnya. Apakah hal tersebut dikarenakan penyakitnya atau disebabkan obatnya ya dok? Mohon penjelasannya, sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan ayah Anda mengalami diabetes dan hepatitis? Jenis hepatitis apakah yang diderita, apakah Hepatitis A, B, atau C? Bagaimana dengan fungsi ginjalnya apakah masih baik? Apakah ada luka yang lama sembuh? Apakah ada kemerahan atau bentol di tubuh?

Perlu diketahui bahwa gatal hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sejatinya diagnosa kelainan kulit hanya dapat dipastikan melalui rangkaian pemeriksaan secara langsung.

Gatal bisa disebabkan oleh alergi makanan, alergi obat, perubahan suhu, atau penyakit tertentu seperti penyakit hati atau ginjal.

Kami tidak dapat mendiagnosis penyebab gatal ayah Anda karena diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan kami juga membutuhkan data medis ayah Anda untuk mencari tahu kemungkinannya. Untuk sementara gatal dapat dikurangi dengan pemberian antihistamin atau anti gatal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar