Sukses

Gigi Anak Berlubang, Tidak Bisa Di Tambal

01 Mar 2015, 17:50 WIB
Wanita, 5 tahun.

Dok,putri saya gigi grahamnya knan kiri lubang. Usia brp rata2 graham bisa tanggal ? Gigi tsb tdk bs ditambal, pdhl dipke mkn nyeri. Apakah smp wkt tanggal graham tsb, putri sy hrs bergantung pd amoxicilin n obat peteda nyeri ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Gigi manusia memiliki dua periode yaitu gigi susu dan gigi permanen. Pada waktunya nanti gigi susu akan goyang, lalu tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen. Pada anak-anak akan muncul gigi susu di usia 6 bulan dan lengkap pada saat usia 3 tahun. Kemudian gigi susu akan mulai digantikan dengan gigi tetap pada usia 6 tahun. Gigi geraham tetap yang pertama kali muncul pada pada anak adalah gigi molar 1 yaitu pada usia 6 tahun.

Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal. Berapakah Usia anak anda saat ini? Sebelumnya perlu dipastikan dulu apakah gigi yang berlubang tersebut adalah gigi geraham susu atau permanen. Jika gigi tersebut adalah gigi susu maka apabila dicabut akan tumbuh gigi permanen penggantinya selama benihnya memang ada dan tidak terhalang (posisi normal). Namun apabila gigi susu tersebut sebetulnya belum waktunya tanggal dan masih bisa dipertahankan maka sebaiknya tidak dicabut, tapi dilakukan perawatan untuk mempertahankannya berada di dalam mulut. Gigi susu yang tanggal sebelum waktunya akan menyebabkan gigi permanen kehilangan panduan arah untuk erupsi.

Sebaliknya, jika gigi yang berlubang tersebut adalah gigi permanen, maka gigi itu harus dipertahankan sebisa mungkin kecuali jika memang kondisinya sudah tidak mungkin lagi untuk dirawat. Penambalan yang dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur dapat bertahan lama di dalam mulut, apalagi dibantu dengan penjagaan kebersihan mulut yang baik. Segera konsultasikan anak Anda ke dokter gigi yang berpraktek di klinik atau rumah sakit di daerah tempat tinggal Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar