Sukses

Kanker Serviks Stadium 1

01 Mar 2015, 20:23 WIB
Wanita, 47 tahun.

Saya beberapa hari lalu melakukan operasi miom. Setelah itu didiagnosa terkena Kangker Servik Stadium 1. Dokter terkait mengintruksikkan tindakan operasi dan pengangkatan rahim. Akan tetapi, Saya menunggu administrasi BPJS selesai diurus. Pertanyaan saya, seberapa lama toleransi waktu yang diberikan untuk menunda operasi?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina. Usia rata-rata kejadian kanker leher rahim adalah 52 tahun, dan distribusi kasus mencapai puncak 2 kali pada usia 35-39 tahun dan 60 – 64 tahun.

Operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan.

Saat ini anda dalam stadium I penyakit tersebut, maka modalitas utama untuk terapinya adalah operasi. Sehingga seharusnya dapat segera mungkin dilakukan tindakan tersebut. Namun jika memang belum bisa terlaksana, sebaiknya jangan terlalu lama agar perjalanan kanker tidak semakin menyebar dan menambah derajat penyakit. Lamanya proses perburukan tentunya berbeda pada setiap orang. Untuk itu sebaiknya Anda tetap  rutin melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar