Sukses

Nyeri Perut Bawah

07 Feb 2015, 07:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau bertanya, sudah 3 bulan belakangan ini saya mengalami nyeri pada perut bagian bawah, nyerinya ilang-timbul-ilang-timbul dok bahkan terkadang saya merasa mual, nyerinya seperti saat sedang haid padahal saat ini saya sedang tidak haid, dan terkadang saya merasa panas dibagian perut bawah saya itu dok. apa ini berbahaya dok?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Bagaimanakah karakteristik nyeri yang Anda rasakan? Apakah nyeri tajam atau tumpul? Apakah keluhan nyeri yang Anda rasakan berkaitan dengan proses buang air kecil? Apakah Anda mengalami gangguan buang air besar? Apakah Anda mengalami demam, mual atau muntah, nyeri pinggang, anyang-anyangan? Berapa lamakah keluhan ini sudah Anda rasakan? 

Saat batuk terjadi peningkatan tekanan pada dada dan perut untuk merangsang batuk dan mengeluarkan dahak bila ada. Bila batuk terjadi sering, dan tekanan tersebut terlalu besar, maka akan menimbulnya nyeri di otot-otot perut serta dada.

Selain itu, masih banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut di bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ kewanitaan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila nyeri tersebut berasal dari nyeri lain, misal: asalnya nyeri pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras). Selain itu juga, dapat juga terdapat masalah pada indung telur, misalkan kista indung telur (pada wanita).

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis yang mendetil untuk informasi lengkap dan pemeriksaan fisik untuk menunjang diagnosis. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal dengan segera.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar