Sukses

Kista ginjal

02 Mar 2015, 17:16 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore dok, sy mau tanya soal penyakit dalam. Ibu sy berumur 54th beliau terkena kista di ginjalnya sebelah kiri diameternya 2,9. Berbahayakah itu dok? Maksud sy apakah akan berdampak k'ginjalnya? Karna kt dokter ada infeksi jg di saluran kencingnya. Apakah harus dgn operasi atau kah ada obat yg bisa hilangkan kista itu? Mohon penjelasannya dok. Saya khawatir sekali.. Terimakasih sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kista pada ginjal tidak selalu berbahaya, namun memang dapat menimbulkan keluhan bila ukurannya besar seperti nyeri pada perut atau kolik seperti yang Anda alami saat ini. 

Jika tidak ada gejala dan tidak mengganggu, kista tersebut hanya perlu dimonitor ukurannya dengan pemeriksaan radiologis berkala. Yang menjadi masalah adalah bila kista terinfeksi atau pecah. Obat-obatan yang diberikan oleh dokter Anda hanyalah berfungsi untuk mengurangi peradangan dan nyeri. 

Bila memang timbul gejala, dapat dilakukan tindakan aspirasi isi kista atau diangkat dengan operasi. Untuk itu kami menganjurkan agar ibu  Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi guna penanganan lebih lanjut. 

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel untuk Anda:

6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

5 Kiat Ginjal Sehat

Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

Selamatkan Ginjal Anda dengan Gigi yang Sehat

Awas, Melamin Merusak Ginjal!

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar