Sukses

Ibu Rhesus Negatif

02 Mar 2015, 17:28 WIB
Wanita, 29 tahun.

Saya ibu dari dua anak..keduanya lahir sehat normal dan lengkap smuanya…di kehamilan kedua ternyata sy baru tau jika saya goldar O rhesus negatif. dan di kehamilan ini saya begitu di protek oleh dokter saya..Alhamdulillah anak kedua saya terlahir normal sehat smuanya dan tidak ada kekurangan apapun…dokter saya mengatakan ini hal yg luar biasa krn kebanyakn banyak kelainan jika si ibu pnya rhesus negatif.. singkatnya..saya mau menanyakan bagaimana peluang saya untuk memiliki anak ketiga dengan rhesus negatif saya? anak pertama saya Cwek, anak kedua saya Cowok.. suami saya Rhesus Positif.. Terimakasih dokter atas responnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Jika seorang perempuan (Rehsus negatif) menikah dengan laki-laki (Rhesus positif), bayi pertamanya memiliki kemungkinan untuk ber-Rhesus negatif atau positif. Apabila bayi mempunyai Rhesus negatif, tidak ada masalah. Yang akan menyebabkan masalah adalah bila terdapat perbedaan antara ibu dengan janin bila Rhesus ibu negatif sedangkan janin memiliki golongan Rhesus positif. Pada kasus seperti ini, masalah mungkin timbul pada kehamilan berikutnya. Bila ternyata pada kehamilan ke-dua janin memiliki Rhesus positif juga, antirhesus dari ibu dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah janin. Keadaan ini disebut dengan hemolisis intravaskular.

Bagaimana dengan rhesus kedua anak Anda, bila keduanya sama dengan Anda (rhesus negatif) maka masih ada peluang anak ketiga anda baik-baik saja, asalkan rhesusnya juga sama. Namun bila anak kedua anda memiliki rhesus positif, maka ada kemungkinan sudah terbentuk antibodi, sehingga Pada kehamilan selanjutnya beresiko terjadi gangguan, mulai dari bayi kuning hingga gangguan yang berat lainnya. Ada baiknya anda tetap melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter anda agar dokter dapat melakukan pengamatan terhadap kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar