Sukses

Makan Malam Bikin Perut Buncit?

02 Mar 2015, 17:34 WIB
Pria, 25 tahun.

apa benar makan malam bisa membuncitkan perut ? by fb: kakanda ryx bingung gua , dimana lihat balasannya...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Banyak faktor yang menyebabkan perut membuncit. Namun, sebagian besar dipengaruhi oleh pola makan. Konsumsi makanan berlemak yang berlebih dan kurangnya olah raga khususnya pada perut dapat menjadi penyebab. Pada pria, penumpukan lemak umumnya akan berada di daerah perut, sedangkan pada wanita penumpukan lemak akan berada di daerah panggul.

Makan dalam porsi cukup besar dimalam hari, disaat anda akan beristirahat, akan membuat energi yang ada dalam makanan yang telah diserap akan disimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh. Hal inilah yang menjadi anggapan makan besar dimalam hari dapat membuat perut buncit.

Namun sebenarnya hal itu bukanlah hal yang mutlak terjadi. Walaupun anda makan di pagi atau siang hari dengan aktivitas sedikit atau jarang berolah raga maka juga dapat menyebabkan penumpukan lemak baik pada bagian perut maupun bagian tubuh lainnya.

Bila ingin menghilangkan kelebihan lemak di daerah perut dapat melakukan olahraga yang berfokus pada pengencangan otot di daerah perut. Sit-up teratur setiap hari, minimal 50x/hari dapat membantu membentuk perut.

Kemungkinan perut buncit disebabkan oleh penyakit masih mungkin terjadi. Namun akan diikuti dengan gejala-gejala lain sesuai dengan penyebab penyakitnya. Untuk itu, bila anda merasakan adanya keluhan lain dalam tubuh, ada baiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.
Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar