Sukses

Membedakan Menstruasi dengan Post Coital Bleeding

02 Mar 2015, 20:32 WIB
Wanita, 30 tahun.

Bagaimana cara membedakan menstruasi dengan post coital bleeding pada seseorang yang siklus menstruasinya tidak teratur? Apakah jika pada post coital bleeding, darah keluar hanya sehari dan sedikit ataukah bisa berhari-hari dan banyak?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Siklus menstruasi terdiri dari 3 fase utama, yaitu:

  • fase menstruasi
  • fase proliferasi, dimana terjadi pelepasan sel telur dari kandung telur, dan
  •  fase sekresi.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Sedangkan post coital bleeding merupakan perdarahan yang terjadi sejenak setelah berhubungan seksual. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual  belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. 

Untuk itu membedakannya dapat dari waktu mulai, lamanya perdarahan berlangsung, banyaknya darah yang keluar, dan pada post coital bleeding perdarahan dipicu oleh berhubungan seksual.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar