Sukses

Anak Tidak Bisa Minum Obat Pahit

02 Mar 2015, 20:59 WIB
Pria, 39 tahun.

Selamat siang, Anak saya usia 2 thn saat ini sedang menjalani terapi tb paru & telah berjalan selama 2 bulan. Obat yang diberikan berupa tablet yang dilarutkan. Yang menjadi masalah adalah rasa obat tersebut yang pahit sehingga seringkali mengalami kesulitan untuk diberikan pada sang anak (meskipun dengan berbagai cara akhirnya tiap hari obat bisa masuk juga). Yang saya mau tanyakan, bolehkah obat tersebut dilarutkan dalam pelarut obat yang memiliki rasa, misalya rasa jeruk (contoh produknya adalah pelarut obat bermerk sirplus). Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Anak-anak sering tidak nyaman dengan rasa obat yang sebagian besar pahit. Untuk memperbaiki rasa sebaiknya bisa diberikan air gula maupun madu murni. Namun kadang dikhawatirkan madu yang beredar belum tentu baik, kadar gula yang tinggi juga bisa menyebabkan batuk. Jika terpaksa harus memberikan puyer yang pahit, Anda dapat menggunakan penetralisir rasa seperti pelarut obat yang Anda utarakan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar