Sukses

Tenggorokan Mengganjal dan Sering Bersendawa

18 Feb 2015, 22:39 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok sy mau tanya sy mengalamin tenggorokan yang menganjal,tp tidak berdahak dan batuk Setiap mau tidur sering bersendawa,sehingga susah tidur sebelumnya sy perokok,tapi sudah berhenti. makan normal,tidak demam,menelan juga tidak sakit Itu gejala apa ya dok?terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kemungkinan yang Anda alami adalah gejala sakit maag. Maag dalam dunia medis disebut dengan Dispepsia. Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. 1 diantara 4 orang pasti mengalami hal ini.

Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi:

  • Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)

  • Rasa penuh di perut bagian atas

  • Kembung

  • Rasa panas di daerah dada

  • Mual

  • Muntah

  • Sering bersendawa

Dari beberapa indikasi diatas, kemungkinan rasa panas di dada yang memicu Anda menimbulkan nyeri dada. Selain itu peningkatan asam lambung juga dapat menyebabkan pusing atau sakit kepala.

Obat-obatan biasanya  dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung.

Dokter akan menyarankan untuk melakukan endoskopi (alat berbentuk tabung yang didalamnya terdapat kamera yang dimasukkan melalui mulut ke lambung anda) bila; 

  • Anda masih mengalami nyeri setelah diberikan obat selama 8 minggu.

  • Nyeri hilang sesaat lalu timbul kembali.

Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung atau kelebihan asam lambung. Sebagai contoh, apabila gangguan terjadi dibawah pusar biasanya organ tubuh yang terganggu adalah kerongkongan, lambung, usus 12 jari, atau kantung empedu. Tidak menutup kemungkinan bila gangguan terjadi diatas pusar, organ-organ diatas terlibat juga.

Pemeriksaan tambahan yang disarankan bergantung dari kecurigaan dokter kearah mana diagnosis nya. Sebagai contoh, apabila kecurigaan dokter ke arah ulkus lambung dapat dilakukan pemeriksaan tinja.  Bila curiga batu empedu atau kelainan kantung empedu dan hati, dilakukan pemeriksaan fungsi hati dan USG (Ultra Sonography) perut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar