Sukses

Mual Dan Lemas Setelah Minum Obat TBC

02 Mar 2015, 21:13 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat siang dokter,saat ini saya sedang terapi TB baru berjalan 2minggu minum obat rifastar,yang ingin saya tanyakan saya suka mual dan lemas setelah minum obat tapi tidak berlangsung lama apakah karna efeksamping obat yang keras apakah masih aman saya minum obat tersebut,karna saya tidak mau menghetikan minum obat tb sebelum terapi ny selesai...atas jawaban nya saya ucapkan terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pada umumnya, penderita dapat merasakan manfaat obat tuberkulosis setelah dua minggu pengobatan. Gejala penyakit seperti demam dan batuk akan mulai berkurang, namun itu tak berarti obat dapat dihentikan. Cukup banyak penderita tuberkulosis yang tidak minum obat lagi karena merasa badannya sudah sehat. Tindakan ini tidak tepat karena kalau obat tuberkulosis tak diminum sampai selesai, yaitu enam bulan, maka sebenarnya tuberkulosis belumlah sembuh meski gejalanya sudah hilang. Gejala tersebut akan timbul kembali karena kuman tuberkulosisnya masih aktif.

Dalam menjalani terapi tuberkulosis, adakalanya dihadapi efek samping obat tuberkulosis, salah satunya yaitu mual seperti yang anda utarakan. Efek samping ini jarang terjadi, jika terjadi berkonsultasilah kembali kepada dokter Anda agar dapat mendeteksinya dan mengatasinya.

Jadi jangan berhenti berobat jika ada efek samping obat. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan terapi. Namun untuk menjadikan kuman tuberkulosis tidak aktif, diperlukan obat tuberkulosis yang diminum secara teratur dan lamanya sesuai dengan lama terapi yang dianjurkan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar