Sukses

Kawat Gigi Berbahaya ?

20 Nov 2014, 13:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok , mau nanya kalau pasang behel atau kawat gigi itu bahaya ngga sih? lalu ada alternaif lain ngga biar gigi nya lurus.? Terimakasih Dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang Anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan. 

Perawatan ortodontik adalah suatu perawatan yang aman bila dilakukan sesuai prosedur dan pasien bersikap kooperatif atau mematuhi saran dari dokter gigi yang merawatnya. Untuk alternatif perawatan lain yang Anda tanyakan sebenarnya tergantung dari kondisi gigi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi guna memastikan apakah posisi gigi yang tidak normal  tersebut dapat diperbaiki dengan perawatan ortodontik atau dengan perawatan lainnya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar